1.
Behavioristik
a.
Pembelajaran = stimulus & respon diajarkan
materi sebanyak-banyaknya
b.
Hasil belajar dilihat dari hasil/nilai
c.
Keterampilan terisolasi, kurikulum ketat, &
aktifitasnya mengikuti buku teks
2.
Kognitif
a.
Pembelajaran : mementingkan kinerja otak dalam
perkembangannya melalui adaptasi lingkungan
b.
Penyeibang kondisi belajar melalui asimilasi
(informasi langsung diterima) maupun akomaodasi (informasi dipertimbangkan yang
menghasilkan adaptasi)
c.
Belajar ditentukan individu dengan keaktifan dan
kemndirian siswa
3.
Konstruktifisme
a.
Pembelajaran maupun pengajaran adalah bentukan
dari peserta didik yng sedang belajar dari pengajar tetapi ditentukan bersama
dengan siswa secara personal maupun social
4.
Sosiokultur
a.
Belajar dari interaksi social yang diajari oleh
sejarah hidupnya
b.
Pengetahuan berasal dari sumber social dengan
keaktifan dn kepekaan siswa terhadap social
c.
Mengintegrasikan pengetahuan dekoratif (teori)
dengan procedural (cara) untuk pemecahan masalah
5.
Humanisrik
a.
Memanusiakan manusia untuk mencapai aktualisasi
diri, serta realisasi diri secara optimal
b.
Membutuhkan motivasi, pengalaman emosional &
sumber belajar yang dekoratif
6.
Sibernetik
a.
Pembelajaran melalui berbagai tahap disertai
strategi khusus dalam setiap tahap agar menarik perhatian dan siswa memberikan
timbal balik
7.
Kecerdasan Ganda
a.
Manusia memiliki berbagai macam kecerdasan yang
saling bekerjasama sebagai satu kesatuan yang utuh dan terpadu ketika dalam
suatu kegiatan yang dimulai dari membangun, memperkuat, mengajarkan, hingga
mentransfer kecerdasan
8.
Neurosince
a.
Membuat koneksi jaringan dalam otak dengan
memusatkan perhatian pada proses pembelajaran dengan strategi khusus berbagai
hal yang mempengaruhi pembelajaran
9.
Motivasi
a.
Daya penggerak yang beakibat pada perilaku
maupun arah kemauan seseorang hingga tercapainya tujuan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar